ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SELLING-IN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus Pada Supplier Matahari departement Store Thamrin Plaza Medan)

Jurnal Manajemen Prima, Volume VI, Nomor I, Tahun 2016, FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA, ISSN: 2088-6128

Rabu, 04 April 2018 12:12 | Sudah dibaca 54 kali

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja selling- in dan kinerja selling-in terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini mengembangkan penelitian lebih lanjut dan Sunaryo (2002) Dwyer (1987) dan Smith dan Resnick and Lilis (2001) yang meneliti hubungan outlet dan citra perusahaan. Metode:Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari pendapat atau persepsi dari supplier Matahari Departement Store Thamrin Plaza. Data yang dikumpulkan sebagian dengan cara mengantar langsung kepada responden dan sebagian melalui pos dengan harapan supaya response rate tinggi. Jumlah kuesioner yang dapat dipakai dalam penelitian ini yang lengkap pengisiannya sebanyak 100 kuesioner, yang kemudian dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM). Hasil:Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin intensif strategi pelayanan outlet maka akan semakin intensif distribusi selling-in dan semakin baik hubungan dengan outlet maka akan semakin baik distribusi selling-in yang dihasilkan. Kesimpulan :Penelitian ini berhasil membuktikan semakin baik citra perusahaan maka akan semakin baik kemampuan distribusi selling-in nya dan semakin intensif distribusi selling-in maka akan semakin intensif kinerja pemasaran, maka penelitian ini mendukung penelitian Sunaryo (2002) Dwyer (1987) dan Smith dan Resnick and Lilis (2001).

Kata Kunci: Strategi Pelayanan Outlet Hubungan Outlet, Citra Perusahaan, Kinerja Selling-in dan Kinerja Pemasara