Analisis Tingkat Pelayanan Perbankan terhadap Kepuasan Nasabah Menabung pada Bank Jawa Barat dan Banten (BJB)

Jurnal Manajemen Prima Indonesia, Vol.8, No. 1 Januari 2018

Selasa, 18 Juni 2019 19:13 | Sudah dibaca 143 kali

Objek penelitian ini adalah Bank Jawa Barat (BJB) Medan yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan komitmen, lingkungan kerja fisik dan produktivitas karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian explanatory. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Populasi penelitian ini adalah 69 karyawan pada Bank Jawa Barat dan Banten (BJB)Medan. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sehingga diperoleh sampel sebanyak 69 responden. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bank Jawa Barat dan Banten (BJB)Medan dimana hasil uji F 8,226 > 3,140 dan Secara parsial, motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bank Jawa Barat dan Banten (BJB)Medan dimana hasil uji t untuk variabel komitmen 2,039 > 1,996 dan lingkungan kerja fisik 3,737 > 1,996 dan nilai koefisien determinasi sebesar 17,5% dan sisanya sebesar 82,5% dijelaskan oleh variabel independen yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Pelayanan , Perbankan, Kepuasan Nasabah