Analisa Segmentasi Pasar Melalui Promosi Produk dan Peningkatan Pelayanan yang Berdampak pada Peningkatan Minat Beli Masyarakat di PT Unity Mitra Abadi

Jurnal Manajemen Prima Indonesia, Vol.8, No. 2 Juli 2018

Selasa, 18 Juni 2019 20:00 | Sudah dibaca 4 kali

Penelitian dilakukan di PT. Unity Mitra Abadi .Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk dengan fokus pada peningkatan minat beli masyarakat pada PT unity Mitra Abadi. . pemilihan objek disebabkan karena terjadinya penurunan loyalitas pelanggan. Loyalitas adalah komitmen yang dipegang teguh untuk membeli kembali atau berlangganan kembali suatu produk/jasa pilihan di masa akan datang. Harga menjadi sebuah faktor yang menentukan loyalitas konsumen. Harga yang ditawarkan sebuah perusahaan lebih tinggi dibanding perusahaan lain, tak menutup kemungkinan bahwa konsumen akan berpikir dua kali sebelum membeli produk yang ditawarkan. Minat beli merupakan sesuatu yang diyakini oleh pelanggan/konsumen. Jika sebuah produk memiliki citra merek yang positif, pastinya merupakan sebuah kebanggan bagi perusahaan tersebut dan merupakan kemenangan tersendiri bagi perusahaan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori-teori manajemen pemasaran yang berkaitan dengan harga, citra merek dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengujian data menggunakan rumus sampling jenuh. Metode pengumpulan data wawancara, pembagian kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi pengujian secara simultan (Uji-F) dan secara parsial (Uji-t). Populasi yang digunakan adalah konsumen sebesar 70 orang dan jumlah sampel yang digunakan adalah 70 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan citra merek secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 54,7% dan sisanya sebesar 45,3% dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang tidak diteliti seperti kualitas produk, pelayanan dan lokasi.Dengan nilai Fhitung > Ftabel (42.558>3,13) dan nilai uji t thitung > ttabel variabel harga (5.446>1,996) dan variabel citra merek (3.090>1,996). Dengan demikian harga dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Kata Kunci: Promosi Produk, Pelayanan, Minat Beli