Penerapan Kualitas Pelayanan Perawat dalam Pencapaian Tingkat Kepuasan Pasien Rumah Sakit Royal Prima

Jurnal Manajemen Prima Indonesia, Vol.8, No. 2 Juli 2018

Selasa, 18 Juni 2019 20:02 | Sudah dibaca 3 kali

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kualitas pelayanan perawat dalam pencapaian tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Royal Prima yang terdiri dari aspek bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan instrumen angket. Nilai validitas intrumen sebesar 0,854 dan nilai reliabilitas sebesar 0,964. Subjek penelitian yang digunakan adalah pasien di rumah sakit yang berjumlah 150 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik desktiptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan dari 150 responden diketahui analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit Royal Prima sebagian besar mempunyai sikap Puas sebesar 43,07 %, sikap tidak puas sebesar 26,15 %, Sangat Tidak Puas 20,0 % dan Sangat Puas 10,77 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diartikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit Royal Prima adalah Puas.

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Tingkat Kepuasan