ANALISIS KEPUASAN KERJA DAN PEMBAGIAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI KANTOR CAMAT MEDAN DELI

Jurnal Manajemen Prima, Volume V, Nomor II, Tahun 2015, ISSN: 2088-6128

Senin, 08 Mei 2017 17:31 | Sudah dibaca 262 kali

Tujuan penelitian adalah Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja/motivasi terhadap efektifitas kerja pegawai Kantor Camat Medan Deli, untuk menganalisis pengaruh pembagian kerja terhadap efektifitas kerja pegawai Kantor Camat Medan Deli, dan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja/motivasi dan pembagian kerja terhadap efektifitas kerja pegawai Kantor Camat Medan Deli.

Populasi penelitian ini adalah seluruh Pegawai Kantor Camat Medan Deli yang berjumlah 30 orang. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Data diambil melalui angket, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif dan analisis statistik.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh Pegawai Kantor Camat Medan Deli bekerja cenderung tidak puas, pembagian kerja pegawai dikategorikan baik dan efektifitas kerja cenderung kurang efektif. Kepuasan kerja dan pembagian kerja baik secara parsial maupun secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap efektifitas kerja berdasarkan persamaan regresi yang diperoleh dimana nilai koefisien regresi X1 dan X2 bernilai positif yang memberi gambaran bahwa apabila pegawai bekerja semakin puas, pembagian kerja semakin baik akan meningkatkan efektifitas kerja pegawai di Kantor Camat Medan Deli. Adanya pengaruh positif antara kepuasan kerja dan pembagian kerja terhadap efektifitas kerja karena adanya hubungan fungsional antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hai ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi (R) parsial variabel kepuasan kerja sebesar 0,761 dan nilai koefisien korelasi pembagian kerja sebesar 0,729. Sedangkan nilai koefisien korelasi gabungan sebesar 0,800. Besar pengaruh kepuasan kerja/motivasi terhadap efektifitas kerja pegawai sebesar 57,9 %. Pada lampiran 11 diketahui R gabungan = 0,641 maka besar pengaruh kepuasan kerja dan pembagian kerja terhadap efektifitas kerja pegawai sebesar 64,1 %.

Kata Kunci: Analisis data, kepuasan kerja