Pengaruh Motivasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Guru SMU Dan SMK Bina Taruna Medan

Jurnal Manajemen Prima, Volume I, Nomor I, Januari 2015, ISSN: 2088-6136

Rabu, 10 Mei 2017 10:31 | Sudah dibaca 430 kali

Tantangan yang dihadapi oleh generasi muda pada saat ini banyak di bidang lapangan pekerjaan, maka pendidikan wirausaha mengarah untuk survival dan kemandirian seharusnya lebih ditonjolkan.

Siswa dan pelajar juga memiliki peluang besar untuk ikut mengembangkan ekonomi rakyat, maupun siswa sedang mempersiapkan diri untuk mengisi peluang kerja sebagai pekerja pada dunia usaha dan industry

Pendidikan kewirausahaan adalah salah satu kurikulum yang sedang digiatkan bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Penelitian ini akan lebih memfokuskan konsep kewirausahaan terhadap minta berwirausaha dikalangan pelajar SMK- se-Kabupaten Toba Samosir.

Penelitian dosen pemula ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh konsep kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Hipotesa penelitian adalah konsep kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMK se Kabupaten Toba Samosir.

Hasil penelitian dosen pemula ini diharapkan menghasilkan luaran berupa publikasi ilmiah dalam Jurnal Siasat Bisnis Universitas Islan Indonesia (UII) yang merupakan jurnal terakreditasi nasional sehingga diharapkan dapat memberikan solusi dan pengembangan dunia pendidikan dalam peran menumbuh kembangkan minat kewirausahaan bagi pelajar SMK. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan materi dalam forum seminar yang melibatkan lembaga pendidikan dan pemerintahan

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ilmu kewirausahaan tentang konsep kewirausahaan dan minta berwirausaha.

Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu konsep kewirausahaan yang terbagi beberapa factor yaitu upaya kreatifitas (X1), inovatif (X2), dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat berwirausaha. Variabel-variabel penelitian ini diturunkan menjadi indikator untuk dapat merancang instrument penelitian yaitu pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner. Kuesioner yang dirancang menggunakan skala pengukuran dengan metode skala likert, dengan opsi jawaban sebanyak 5 pilihan ( 5,4,3,2,1).

Populasi adalah sekelompok unsur atau elemen yang dapat berbentuk manusia atau individu, binatang, tumbuh-tumbuhan, lembaga atau institusi, kelompok, dokumen, kejadian sesuatu hal, gejala atau berbentuk konsep yang menjadi objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Se-Kabupaten Toba Samosir. Penetapan populasi ini didasari oleh siswa telah mengikuti pelajaran pendidikan kewirausahaan. Berdasarkan data statistik Kabupaten Toba Samosir tahun 2012 memiliki jumlah sekolah menengah kejuruan 19 unit dengan jumlah keseluruhan siswa 5.753 orang.

Kata Kunci: