PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. GEMAR SUKAWATI INDAH MEDAN DENGAN BAURAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Jurnal Manajemen Prima, Volume VIII, Nomor I, Januari 2018

Rabu, 28 Maret 2018 10:03 | Sudah dibaca 734 kali

Banyak faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa, biasanya konsumen selalu mempertimbangkan kualitas produk, dan harga. Bauran promosi merupakan salah satu factor yang dapat mempengaruh dalam keputusan pembelian namun sering kali tidak teramati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori Manajemen Pemasaran, berkaitan dengan teori tentang kualitas produk, teori tentang bauran promosi, serta teori tentang keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linear dan analisis path. Populasi adalah data seluruh pelanggan PT. Gemar Sukawati Indah Medan yang berjumlah 92 responden. Kualitas produk sebagai variable independen dan bauran promosi sebagai variabel intervening kemudian keputusan pembelian sebagai variable dependen. Hasil penelitian pada hipotesis menunjukkan bahwa kualitas produk dan bauran promosi secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil F hitungsebesar46.604yang lebihbesardaripada F tabel (3.1). Kualitas produk juga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil T hitung6.827yang lebihbesardari T tabel (1.986) serta Kualitas produk bauran promosi secara parsial juga berpengaruh secara signifikan terhadap bauran promosi karena T hitungsebesar4.207lebihbesardaripadanilai T tabel (1.986). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian melalui bauran promosi. Hasil pengujian secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan bauran promosipada PT. Gemar Sukawati Indah Medan.

Kata Kunci: Kualitas Produk, BauranPromosi, Keputusan Pembelian