PENGARUH FAKTOR PRILAKU KONSUMEN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT SISWA SLTA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SWASTA

Manajemen Prima Volume I, Nomor 1, Januari 2011

Senin, 22 Juli 2013 13:17 | Sudah dibaca 543 kali

Minat siswa dalam memilih perguruan tinggi swasta sangat dipengaruhi oleh faktor perilaku konsumen atau perilaku siswa SLTA dan bauran pemasaran. Faktor-faktor ini perlu mendapat perhatian dari lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan tinggi swasta di Medan agr dapat mempersiapkan strategi merekrut calon mahasiswa baru. Mengingat sangat pentingnya usaha-usaha dalam mempengaruhi minat siswa SLTA maka perlu dilakukan penelitian tentang hal tersebut. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif, dengan mengumpulkan data penelitian melalui kuisioner yang ditujukan kepada 141 orang responden siswa SLTA yang berasal dari 21 sekolah negeri dan swasta di Kota Medan. Penelitian ini menghasilkan informasi bahwa minat responden cukup tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Faktor terbesar yang mempengaruhi minat responden dilihat dari perilaku konsumen adalah karena motivasi diri untuk yang kuat untuk kuliah, sedangkan dilihat dari faktor bauran pemasaran adalah karena promosi dari perguruan tinggi yang jelas dan lengkap.

Kata Kunci: minat, perilaku konsumen, bauran pemasaran