ANALISA METODE MOORA DALAM MENENTUKAN E-COMMERCE TERBAIK BERDASARKAN KONSUMEN

Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi dan Ilmu Komputer

Kamis, 22 November 2018 13:41 | Sudah dibaca 845 kali

Perdagangan electronik (electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa yang mengandalkan sistem electronik, seperti internet, televisi, atau jaringan komputer. E-commerce melibatkan transfer dana dan pertukaran data electronik, sistem manajemen dan pengumpulan data secara otomatis. E-commerce adalah salah satu bisnis yang paling sering digeluti oleh masyarakat di indonesia karena memberikan keuntungan yang menjanjikan. Saat ini tren belanja online mulai diminati pembeli karena proses keputusan belanja online tidak serumit keputusan pembelian offline sehingga banyak situs-situs belanja online muncul akibat tingginya tingkat persaingan memaksa perusahan pada bisa menyerahkan respon. Pemakaian E-Commerce bisa meninggikan efesiensi budged masih produktifitas perusahaan, maka bisa mengangkat kemampuan perusahaan pada berkompetisi. Penulis mengambil studi kasus pada aplikasi toko online seperti Blibli.Com, Buka Lapak, Lazada, Jd.Id, Shopee, dan Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan berdasarkan penilaian konsumen tentang aplikasi toko online terbaik dengan menggunakan beberapa kriteria yang sudah ditetapkan. Untuk mengatasi permasalahan dalam menentukan e-commers terbaik berdasarkan konsumen penulis menggunakan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA). MOORA adalah teknik optimasi multi objective sehingga dapat sukses diterapkan untuk memecahkan berbagai jenis pengambilan keputusan yang kompleks masalah dalam lingkungan manufaktur. Krieria yang digunakan dalam kasus ini adalah Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Komitmen Pelangggan dan Loyalitas Pelanggan. Hasil yang diproses adalah penilaian 30 responden dari pelanggan yang telah memakai ecommerce tersebut pada awal 2018. Diharapkan penelitian ini dapat membantu pengambil keputusan yang tetap bagi calon konsumen dalam memilih e-commerce terbaik pada saat berberbelanja online.

Kata Kunci: E-commece, SPK, Moora, Konsumen