PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SERBAJADI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA, Volume III Edisi ke-2 Tahun 2016, ISSN 9772088365005

Kamis, 12 Desember 2019 14:07 | Sudah dibaca 85 kali

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio-visual terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain true design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Serbajadi yang berjumlah 120 siswa. Penentuan sample dengan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu posttest. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa membaca puisi di depan kelas. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor posttest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan membaca puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Serbajadi dengan menggunakan media audio-visual dan tanpa menggunakan media audio-visual. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t yaitu thitung = -16.12, ttabel = 2.002, - ttabel = -2.002 sehingga kriteria pengujian hipotesis penelitian ini adalah - ttabel >thitung < ttabel , maka hipotesis nilai H0 ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif media audio- visual daripada tanpa menggunakan media audio-visual terhadap kemampuan membaca pusisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci: pengaruh, media audio-visual, kemampuan membaca puisi