EFEKTIVITAS METODE EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA, Volume III Edisi ke-2 Tahun 2016, ISSN 9772088365005

Kamis, 12 Desember 2019 14:25 | Sudah dibaca 17 kali

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas metode experiential learning terhadap keterampilan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 172 orang. Sampelnya sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-1 dan X- 4 sebanyak 68 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dijaring dengan menggunakan tes essay. Dari pengolahan data diperoleh hasil postest pada kelas kontrol dengan rata-rata (mean) 67,35 standar deviasi 10,65 standar error 1,85 sedangkan nilai untuk eksperimen diperoleh rata-rata (mean) 80,14 standar deviasi 8,61 standar error 1,5. Berdasarkan uji normalitas hasil postest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui thitung tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% = 2,00 dengan demikian thitung > ttabel 5,50 > 1,99 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode experiential learning efektif digunakan dalam menulis cerpen siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Metode Experiential Learning, Menulis Cerpen