PENGARUH CAMEL TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2012

Manajemen Prima, Volume IV, Nomor 1, Januari 2014

Kamis, 24 Juli 2014 06:04 | Sudah dibaca 382 kali

Perkembangan perusahaan perbankan yang sangat pesat di Indonesia beberapa tahun ini tidaklah selalu di tunjukkan kinerja keuangan yang baik juga karena adanya beberapa perusahaan perbankan yang melakukan hal yang merugikan nasabahnya. Perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia akan selalu berusaha menunjukkan kinerja yang baik sehingga investor akan memilih mereka dalam menginvestasikan dananya. Banyaknya minat investor pasti akan menaikkan harga saham tetapi banyak beberapa perusahaan selama tahun penelitian ini yang mengalami penurunan harga saham.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio CAMEL dan harga saham. Adapun variabel CAMEL yang digunakan dalam penelitian ini adalah mewakili variabel Capital, Asset, Management, Earning dan Liquidity.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda yang mengharuskan data penelitian lulus dari asumsi klasik. Populasi yang diambil adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2010-2012 yang berjumlah 32 perusahaan, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 28 perusahaan dikalikan dengan tahun penelitian selama 3 tahun sehingga total sampel sebanyak 84 sampel.

Hasil penelitian ini secara simultan variabel Capital, Asset, Management, Earning dan Liquidity berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010-2012. Sedangkan secara parsial variabel Asset, Management dan Earning berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010 - 2012, serta variabel Capital dan Liquidity tidak berpengaruh secara signifik an terhadap harga saham.

Koefisien determinasi yang dihasilkan dari analisis penelitian ini adalah sebesar 0,23 ,yang menyatakan harga saham dapat dijelaskan oleh variabel Capital, Asset, Management, Earning dan Liquidity sebesar 23%, dan sisanya sebanyak 77% dijelaskan oleh variabel lain.

Kata Kunci: Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity, dan Harga Saham