Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Property dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2009-2011

VOLUME 3, NOMOR 2, JULI 2014

Rabu, 05 Oktober 2016 22:50 | Sudah dibaca 45 kali

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah good corporate governance berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagi variabel pemoderasi pada perusahaan property dan real estate di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2011. Good corporate governance adalah seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara para pemegang kepentingan internal dan eksternal.

Pengungkapan corporate social responsibility yang dilakukan perusahaan akan meningkatkan reaksi pasar dan ketertarikan investor menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Nilai perusahaan sangat penting karena dengan nilai perusahaan yang tinggi akan diikuti oleh tingginya kemakmuran pemegang saham.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian adalah explanatory. Populasi penelitian ini sebanyak 43 perusahaan property dan real estate di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2011. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 15 perusahaan yang memenuhi syarat.

Hasil dari penelitian ini adalah good corporate governance berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai perusahaan mengalami kenaikan disebabkan karena adanya penerapan good corporate governance (tata kelola perusahaan) dan pengungkapan corporate social responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan) pada perusahaan property dan real estate di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2011.

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan