ANALISIS PENGARUH PRICE EARNING RATIO (PER) DAN PRICE BOOK VALUE (PBV) TERHADAP VOLUME TRANSAKSI PERDAGANGAN SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS INDUSTRY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014

Jurnal Manajemen Prima, Volume V, Nomor II, Tahun 2015, ISSN: 2088-6128

Senin, 08 Mei 2017 17:27 | Sudah dibaca 809 kali

Volume perdagangan merupakan suatu instrumen yang dapat digunakan untuk melihat reaksi pasar modal terhadap informasi melalui parameter volume saham yang diperdagangkan di pasar. Kinerja perusahaan yang baik menunjukkan nilai perusahaan yang tinggi, sehingga investor akan tertarik untuk melakukan transaksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh PER dan PBV terhadap volume transaksi perdangan saham pada perusahaan sektor consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 38 perusahaan sektor consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014, dengan jumlah sampel berjumlah 31 perusahaan. Hasil pengujian diketahui secara serempak dan parsial PER dan PBV tidak signifikan dan tidak berpengaruh terhadap volume transaksi perdagangan saham pada perusahaan sektor consumer goods industry yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2012-2014. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 3,5% perubahan variasi variabel volume transaksi dijelaskan oleh perubahan variasi variabel Price Book Value dan Price Earning Ratio, sedangkan sisanya 96,5 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci: PER, PBV, Volume Transaksi Perdagangan Saham