STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS KOMUNIKASI ANTAR KARYAWAN DI PT. DHARMA VALMODE TEXTILE INDUSTRY

Jurnal Manajemen Prima, Volume VII, Nomor II, Juli 2017

Rabu, 13 September 2017 14:14 | Sudah dibaca 797 kali

PT. Dharma Valmode Textile Industry merupakan salah satu perusahaan textile yang sedang berkembang. Dalam meningkatkan produksi dibutuhkan adanya kerjasama antar karyawan. Agar kerjasama bisa terbentuk dan memiliki pemahaman yang sama, maka dibutuhkan komunikasi yang efektif, antara lain : Pertama, pesan atau informasi yang disampaikan mudah dipahami. Kedua, penyampaian informasi secara lisan harus lebih detail dan terstruktur. Ketiga, penyampaian ide, gagasan harus didukung dengan bukti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas komunikasi antar karyawan di PT. Dharma Valmode Textile Industry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis indikator-indikator kualitas keterampilan komunikasi antar karyawan, menyusun strategi alternatif dan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas komunikasi antar karyawan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Deskriptif dengan pendekatan observasional di PT. Dharma Valmode Textile Industry. Juga data-data yang digunakan data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung melalui kuesioner dan wawancara, data sekunder adalah data diperoleh dari studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rata-rata tingkat kualitas Komunikasi Organisasi di PT. Dharma Valmode Textile Industry belum mencapai standar kualitas yang diharapkan oleh perusahaan, disebabkan oleh areal kerja yang luas dan adanya perbedaan usia yang relatif tinggi. Hasil penelitian yang lain menunjukkan adanya kelompok-kelompok eksklusif, sehingga kurangnya keterbukaan komunikasi antar karyawan.

Kata Kunci: