PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, KEPUTUSAN INVESTASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PENELITIAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014

Jurnal Manajemen Prima, Volume VII, Nomor I, Januari 2017

Rabu, 13 September 2017 14:42 | Sudah dibaca 773 kali

Tujuan perusahaan yang telah go public adalah untuk meningkatkan Nilai Perusahaan. Nilai Perusahaan pada umumnya diartikan sebagai harga yang bersedia dibayar oleh calon investor apabila perusahaan tersebut dijual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori Manajemen Keuangan, Pasar Modal, Analisis Laporan Keuangan dan Metode Penelitian yang berkaitan dengan Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian deskriptif dan sifat penelitian explanatory. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dan pengambilan sampel dilakukan melalui proses purposive sampling dimana sampel yang didapat adalah sebanyak 18 perusahaan dari 38 perusahaan yang menjadi populasi. Berdasarkan analisis regresi linear berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Struktur Modal (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Y), secara parsial variabel Kebijakan Dividen (X2) berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan (Y), secara parsial variabel Keputusan Investasi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Y), secara parsial variabel Profitabilitas (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Y) dan secara simultan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Struktur Modal (X1), Kebijakan Dividen (X2), Keputusan Investasi (X3) dan Profitabilitas (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Y).

Kata Kunci: Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan.