PENGENDALIAN MANAJEMEN KUALITAS (QUALITY GOAL, QUALITY FEEDBACK DAN QUALITY INCENTIVE) (Studi Kasus Pada CV. Grafika Indah Offset)

Tijarah Volume 2 Nomor 5 Juli 2012

Senin, 22 Juli 2013 13:26 | Sudah dibaca 994 kali

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel sistem pengukuran, sistem penghargaan, TQM, interaksi TQM dengan sistem pengukuran kinerja dan interaksi TQM dengan sistem penghargaan terhadap kinerja manajerial PT. Telkom Sumatera Utara, penelitian ini juga merupakan penelitian replikasi dari penelitian Narsa dan Yuniawati (2003). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survey. Responden adalah senior manajer dan staff dengan sampel berjumlah 54 orang dari total populasi 90 orang. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adala regresi linier berganda. Hasil pengujian menyatakan baha gagal menolak Ho5, artinya interaksi sistem penghargaan (X^2) dengan TQM (X^3) pengaruhnya tidak signifikan terhadap kinerja manajerial. Sedangkan lima hipotesis lainnya terbukti.

Kata Kunci: TQM, sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan, daan kinerja manajerial