APLIKASI PEMBELAJARAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) BERBASIS WEB

Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi dan Ilmu Komputer

Kamis, 22 November 2018 11:08 | Sudah dibaca 812 kali

Banyak kecelakaan yang terjadi saat ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai rambu-rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas merupakan salah satu perlengkapan jalan yaitu lambang, huruf, angka kalimat atau perpaduan antaranya. Rambu sangat penting bagi pemakai jalan sebagai alat untuk pentunjuk dan peringatan pada pengguna di jalan. Untuk itu perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan memberikan pembelajaran berbentuk game tentang pembelajaran rambu-rambu lalu lintas. Kegiatan Penelitian ini mengembangkan game pembelajaran RambuLalu Lintas Berbasis Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Dan menerapkan metode Finite State Machine untuk proses alur kontrol permainan yang terdiri dari 4 level, dimana player akan melengkapi jawaban dari setiap levelagar dapat melanjutkan ke level berikutnya. Hasil dari game ini dapat memberikan pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas yang lebih menarik untuk dipelajari dan menyadari pentingnya menaati rambu-rambu lalu lintas.

Kata Kunci: PHP, MySQL, Finite State Machine.