DATA MINING ALGORITMA K-MEANS DALAM MENGELOMPOKKAN JUMLAH DESA YANG MEMILIKI FASILITAS SEKOLAH MENURUT PROVINSI BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN

Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi dan Ilmu Komputer

Kamis, 22 November 2018 11:15 | Sudah dibaca 680 kali

Fasilitas yang menunjang keberhasilan pendidikan dalam proses belajar mengajar berarti menyangkut sarana dan prasarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.Sedangkan menurut Undang- undang sisdiknas nomor 20 tahun 2003 pasal 45 ayat 1 dinyatakan sebagai berikut: “Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidiakan sesuai dengan pertumbuhan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional dan kejiwaan peserta didik“. Penelitian ini membahas tentang penerapan datamining pada jumlah desa yang memiliki fasilitas sekolah menurut provinsi berdasarkan tingkat pendidikan menggunakan algoritma k-means. Sumber data penelitian ini dikumpulkan berdasarkan dokumen-dokumen yang dihasilkan oleh Badan Pusat Statistik Nasional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari tahun 2003-2014 yang terdiri dari 34 provinsi. Variable yang digunakan adalah jumlah desa yang memiliki fasilitas sekolah berdasarkan tingkat pendidikan yakni, SD, SMP, SMU, SMK dan Perguruan Tinggi. Diharapkan dari hasil penelitian diperoleh cluster jumlah desa yang memiliki fasilitas sekolah menurut provinsi. Jumlah cluster yang paling sedikit adalah masukan bagi pihak pemerintah untuk meningkatkan fasilitas sekolah adalah salah satu hal dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran

Kata Kunci: Datamining, K-Means, Fasilitas Sekolah, BPS, Tingkat Pendidikan