Strategi Pelayanan Dengan Mempertimbangkan Faktor Kualitas Layanan Dan Harga Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Titan Ban

Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi dan Ilmu Komputer

Kamis, 22 November 2018 13:09 | Sudah dibaca 836 kali

Titan ban menjual ban merek Toyo, Maxxis dan Pirelli. Pelanggan mengeluhkan harga ban yang ditawarkan oleh Titan ban lebih mahal dari harga yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, salah satunya adalah faktor kualitas layanan dan faktor harga. Harga merupaan aspek penting yang tidak terpisahkan dari tujuan kegiatan penjualan maupun jasa. Selain itu, Titan ban tidak memberikan ketetapan harga penjualan kepada pelanggan. Marketing diberi kebebasan untuk memberikan harga kepada pelanggan sesuai dengan harga dasar yang diberikan oleh perusahaan. sehingga setiap marketing bebas manaikkan harga sesuai dengan kemampuan pelanggan, hal ini berdampak kepada kepuasan pelanggan dimana pelanggan merasa marketing lain dapat memberikan harga yang lebih rendah. Titan ban ingin meningkatan kepuasan pelanggan di masa yang akan datang dengan perbaikan pada kualitas layanan dan harga yang lebih baik. Pengujian untuk meningkatkan kualitas layanan dan harga dengan menyebarkan pertanyaan kuisioner terhadap pelanggan di Titan ban. Kolom sig. = 0,000 pada model 1 dan model 2. Jika α > sig. maka Ho ditolak dan Ha diterima pada tingkat signifikan 5 % (0,05), karena diperoleh α = 0,05 > sig.= 0,00 maka dapat di prediksikan terdapat hubungan yang linier antara variabel Kualitas Layanan (X1) dan Harga (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).

Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Harga, Kepuasan pelanggan