DATA MINING ANALISIS POLA PEMBELIAN BARANG PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE FP GROWTH

Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi dan Ilmu Komputer

Kamis, 22 November 2018 15:00 | Sudah dibaca 960 kali

PT. Jaya Anugrah Sukses Abadi merupakan perusahaan retail yang membuka supermarket Brastagi di kota Medan. Permasalahan yang dihadapi adalah data penjualan yang terus bertambah. Selain sebagai dokumentasi, data penjulaan ini tidak dimanfaatkan. Dengan menggunakan metode FP Growth, manajemen supermarket dapat mengekstraksi pola pembelian barang pelanggan, sehingga manajemen dapat membuat peletakan barang yang lebih baik dan teratur. Proses yang dilakukan adalah algoritma membentuk pohon FP Tree dari kumpulan transaksi penjualan. Kemudian, conditional FP-Tree dibentuk dan frequent itemset diekstraksi. Setelah itu, aturan asosiatif dibentuk dari frequent itemset, dan nilai support serta confidence dihitung untuk setiap aturan. Dari hasil pengujian terhadap 3210 bon transaksi penjualan dan 28737 jenis barang yang terjual, diperoleh aturan asosiatif dengan nilai tertinggi untuk kombinasi 2 barang adalah “Jika beli BUNGA KOL, maka beli BROCOLLI LOCAL” dengan support = 0.81% dan confidence = 66.67%. Untuk kombinasi 3 barang, “Jika beli BROCOLLI LOCAL dan BAWANG MERAH, maka beli CABE MERAH”, dengan support = 0.53% dan confidence = 94.44%.

Kata Kunci: data mining, pola pembelian, FP Growth