PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII NATRIUM SMP GLOBAL PRIMA NATIONAL PLUS MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.3 No.3 ISSN 9772088365005

Rabu, 20 Februari 2019 14:58 | Sudah dibaca 782 kali

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VII SMP Natrium Global Prima National Plus Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch). Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Natrium Global Prima dengan jumlah siswa 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deksripsi siswa. peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 69,69 sebanyak 17 siswa memperoleh nilai ≥ 70 dengan ketuntasan secara klasikal 58,62% meningkat menjadi 78,34 pada tes siklus II dengan ketuntasan secara klasikal 86,21% . ketidaktuntasan belajar klasikal pada siklus I terdiri dari 12 siswa mengalami perubahan dengan meningkatnya ketuntasan belajar keterampilan menulis karangan deskripsi dengan media gambar menjadi 25 siswa.

Kata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Media Gambar