UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP PANGERAN ANTASARI HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA, Volume III Edisi ke-2 Tahun 2016, ISSN 9772088365005

Kamis, 12 Desember 2019 13:41 | Sudah dibaca 660 kali

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis karangan narasi sebelum menggunakan metode diskusi dan peningkatan hasil belajar menulis narasi melalui metode diskusi di kelas VIII-2 SMP Pangeran Antasari Helvetia Tahun Pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi sampel total, mengingat penelitian dilakukan pada satu kelas yang berjumlah 38 peserta didik di kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama (SMP).Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan peserta didik dalam hasil belajar menulis karangan narasi dengan menggunakan metode diskusi.Hasil tes peserta didik dalam hasil belajar menulis narasi berdasarkan tes siklus I banyak peserta didik yang mencapai ketuntasan dalam menulis kaarangan narasi adalah 16 orang pesrta didik 42,1% dan rata-rata kelas 69,5 meningkat menjadi 26 orang peserta didik 68,4% mencapai ketuntasan dalam menulis karangan narasi dan rata-rata 95,2 pada siklus II. Maka banyaknya peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar dalam pembelajaran ini telah mengalami peningkatan sebanyak 26,3%dan peningkatan rata-rata sebesar 25,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar menulis narasi peserta didik.

Kata Kunci: peningkatan, hasil belajar, menulis narasi dengan menggunakan metode diskusi