PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA, Volume III Edisi ke-2 Tahun 2016, ISSN 9772088365005

Kamis, 12 Desember 2019 14:04 | Sudah dibaca 638 kali

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembalajaran Imajinatif. Masalah dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Aktivitas dan Hasil Belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sample penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Dharma Pancasila Medan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes menulis karangan deskripsi. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan angket. Instrumen observasi yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar tes kemampuan siswa, dan aspek penilaian karangan deskripsi yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap hasil menulis karangan deskripsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran menulis karangan deskripsi dilakukan peneliti dengan menggunakan model pembelajaran imajinatif, (2) pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebnayak dua siklus, (3) hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa dengan menggunakan model pembelajaran imajinatif mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 71.06, dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84.53. Ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah mampu menulis karangan deskripsi dengan baik.

Kata Kunci: Model pembelajaran imajinatif, menulis karangan deskripsi, penelitian tindakan kelas