UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN P INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI I PUJUD TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA, Volume III Edisi ke-2 Tahun 2016, ISSN 9772088365005

Kamis, 12 Desember 2019 14:13 | Sudah dibaca 573 kali

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis siswa dalam materi menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, rancangan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Pujud dengan jumlah 38 siswa. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan peserta didik dalam belajar menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajara investigasi kelompok. Pada saat prasiklus peserta didik memperoleh nilai rata-rata 41,05 dan ketuntasan klasikalnya adalah (7,89%) dari hasil prasiklus peserta didik belum sama sekali mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 yang telah ditentukan. Setelah itu peneliti melanjukan kesiklus I peserta didik memperoleh rata-rata 6,97 dengan ketuntasan klasikal (44,73%) dari hasil ketercapaian siklus I sudah mulai ada peningkatan 34,28%. Selanjutnya pada siklus II peserta didik memperoleh nilai rata-rata 8,9 dan ketuntasan klasikal (92,10%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa di kelas VIII-2 SMP Negeri I Pujud.

Kata Kunci: menulis teks berita