PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LISTENING IN ACTION SISWA KELAS VIII SMP SWASTA TAPIAN NAULI TAHUN AJARAN 2015/2016

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA, Volume III Edisi ke-2 Tahun 2016, ISSN 9772088365005

Kamis, 12 Desember 2019 14:22 | Sudah dibaca 707 kali

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan peserta didik dalam menyimak berita melalui metode Listening in Action. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mendeskripsikan keterampilan menyimak berita melalui metode Listening in Action.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel total, mengingat penelitian ini dilakukan pada satu kelas yang berjumlah 37 peserta didik di kelas VIII SMP. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan peserta didik dalam keterampilan menyimak berita melalui metode Listening in Action. Adanya peningkatan hasil tes peserta didik dalam keterampilan menyimak berita dari hasil tes siklus I sebesar 62,16 % meningkat menjadi 86,49 % pada tes siklus II. Peserta didik yang memperoleh nilai ≥75 pada siklus I sebanyak 14 orang meningkat menjadi 32 orang pada siklus II.Ketidaktuntasan belajar klasikal pada siklus I sebanyak 23 orang mengalami perubahan dengan meningkatnya ketuntasan belajar menggunakan metode Listening in Action.

Kata Kunci: Menyimak Berita, Listening in Action