PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP TAMAN SISWA DISKI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA, Volume III Edisi ke-2 Tahun 2016, ISSN 9772088365005

Kamis, 12 Desember 2019 14:51 | Sudah dibaca 723 kali

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Diski. Penelitian ini menggunakan penelitian eksprimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre- test dan post-test.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Diski pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 116 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 40 orang, yakni kelas VIII untuk kelas pre-test dan post-test.Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik acak kelas atau randon sampling class.Instrumen atau alat penggumpulan data yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data diperoleh adalah hasil pre-test dengan rata-rata= 63,25 dikategorikan kurang baik standar deviasi = 9,92. Hasil post-test dengan rata-rata 74,62 dikategorikan baik standar deviasi = 8,61. Dari uji data hasil postest dan pre-testdidapat ke dua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas didapatlah to sebesar 2,62. selanjutnya to diketahui dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf 5% maupun 1% dengan df = N-1 = 40-1 = 39, maka diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03 dan 1% 2,71 karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,62<5,46>2,71 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ada perbedaan rata-rata nilai antara sebelum dan sesudah penerapan model Think Talk Write terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Diski Tahun Pembelajaran 20015/2016.Dari perhitungan statistika uji “t” dapat diketahui bahwa rata-rata nilai test sesudah penerapan model Think Talk Write atau post- test lebih tinggi. Hal ini dapat diartikan modelThink Talk Write berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks berita siswa.

Kata Kunci: strategi, think talk write, menulis berita