Hubungan Antara Luas Lahan, Produksi, Harga Diterima Dan Saluran Pemasaran Kelapa Sawit (glaeis Guineensis Jacq.) Di Desa Harapan Baru Kecamatan Runding Kabupaten Aceh Singkil

PRIMA PLANTERS, Volume 3 No. 1 Januari 2017, ISSN. 2339-2916

Kamis, 19 Desember 2019 14:56 | Sudah dibaca 579 kali

Tujuan penelitian ini untuk untuk menganalisa Hubungan Antara Luas Lahan, Produksi, Harga Diterima dan Saluran Pemasaran kelapa sawit Di Desa Harapan Baru Kecamatan Runding Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Berdasarkan analisis sistem pemasaran, saluran pemasaran II lebih banyak digunakan. Namun perlu diketahui bahwa saluran pemasaran I lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran lainnya. Saluran ini sebaiknya digunakan oleh petani di Desa Harapan Baru.Agen merupakan lembaga pemasaran yang melakukan fungsi pemasaran tertinggi yaitu 83% dari keseluruhan fungsi pemasaran. Terdapat hubungan sangat erat antara luas lahan terhadap keputusan penjualan, produksi terhadap keputusan penjualan dan harga diterima terhadap keputusan penjualan.

Kata Kunci: Luas Lahan, Produksi, Saluran Pemasaran, Harga Diterima, Kelapa Sawit