PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI MODEL BELAJAR KONVENSIONAL DENGAN MODEL BELAJAR KONSTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 31 MEDAN

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA, Volume IV Edisi ke-2 Tahun 2017,ISSN. 9772088365005

Jum'at, 31 Januari 2020 14:25 | Sudah dibaca 664 kali

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat hasil pengajaran menulis teks naratif melalui model kontekstual dan konvensional, dan untuk mengetahui tingkat hasil perbandingan pengajaran menulis teks naratif antara model kontekstual dan konvensional. Ada banyak sumber teori yang digunakan dalam penelitian ini dan dengan melakukan percobaan ke SMP Negeri 31 Medan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa nilai pre-test dan post-test kelompok eksperimen adalah 2005 dan 2890 dengan rata-rata kelas adalah 50,1 dan 72,3 dan hasil perbandingan pembelajaran sebesar 22,2, sedangkan skor pre-test dan post-test dari kelompok kontrol adalah 1990 dan 2400 dengan rata-rata kelas adalah 49,8 dan 60,0 dan hasil pembelajaran kompasrison sebesar 10,2. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai tv (3,543)> ttabel (2,023) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbandingan hasil belajar menulis teks naratif antara model Kontekstual dan Konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 31 Medan. tahun akademik 2016/2017.

Kata Kunci: menulis, teks naratif, kontekstual, dan konvensional