UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK-PAIR-SHARE PADA KELAS VII-A SMP SWASTA NASRANI 3 MEDAN T.P. 2016/2017

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA Volume IV, Edisi ke-2 Tahun 2017,ISSN. 9772088365005

Jum'at, 31 Januari 2020 14:55 | Sudah dibaca 658 kali

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode Think-Pair-Share pada siswa kelas VII SMP Swasta Nasrani 3 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.Peneltian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Nasrani 3 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Nasrani 3 Medan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus memiliki empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan (tindakan), tahap pengamatan (observasi), dan tahap refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan, adanya peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode Think-Pair-Share pada siswa kelas VII SMP Swasta Nasrani 3 Medan. Pada siklus I nilai rata-rata siswaadalah 71,1 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60%,dengan rincian 18 siswa mendapat nilai tuntas dan 12 siswa tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,9 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,66%, dengan rincian 26 siswa mendapat nilai tuntas dan 4 siswa tidak tuntas dalam belajar.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Think-Pair-Share, Kemampuan menulis karangan deskripsi, Peneltian tindakan kelas.