PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI METODE KONTEKSTUAL DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 40 MEDAN

Jurnal Bahasa Indonesia UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA Volume IV, Edisi ke-2 Tahun 2017,ISSN. 9772088365005

Selasa, 04 Februari 2020 13:30 | Sudah dibaca 634 kali

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis naskah drama melalui metode kontekstual. Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ada pada pembelajaran menulis dalam naskah drama siswa yang masih tergolong rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan tindakan kelas yang mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa secara klasikal dan kemampuan menulis naskah drama melalui metode kontekstual dalam bentuk pelaksanaanya dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan dengan sampel bertujuan (purposive sample) pada 36 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 40 Medan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis naskah drama siswa meningkat setelah menerapkan metode kontekstual. Pada pembelajaran hasil penilaian tes siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70 dan meningkat menjadi 80.88 pada tes siklus II. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa ada peningkatan 94,12% dari siklus I ke siklus II yakni siswa memperoleh ketuntasan klasikal siklus I 62,5% dan siklus II siswa memperoleh 94,12%. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kontektual dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII-B SMP Negeri 40 Medan.

Kata Kunci: kemampuan menulis naskah drama, metode kontekstual.